PDPB Triwulan Ketiga, KPU Wajo Gelar Rapat Koordinasi.

KPU WAJO – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Wajo (KPU) menyelenggarakan Rapat   Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelajutan Tahun 2021 Triwulan Ketiga pada hari Rabu, 22 September 2021 di Aula Kantor KPU Kab.Wajo bersama dengan Stake Holder Terkait.

Dalam rapat koordinasi kali ini, dihadiri oleh perwakilan dari beberapa instansi yang terkait dengan kegiatan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Wajo.  diantaranya Anggota DPRD Kabupaten Wajo (H. Zainuddin AS), Dandim 1406 Wajo (Letda Jumaing), Kabid PDIP Disdukcapil (Erna Nurdin), Kasubbag Administrasi Pemerintahan (Ahmad Darmawan) Staf Cabdis Wilayah IV (Hariadi), Kasubdit Pendidikan Politik Kesbangpol Kab.Wajo (Mustamin), Kabid PMD (Saiful), Bawaslu Kab.Wajo (Heriyanto), Partai PDIP Kab.Wajo (Baso Suraedi dan Juniwan Akbar). Kehadiran beberapa instansi ini sebagai bentuk kesadaran berlembaga bahwa Pemutakhiran Data Berkelanjutan yang diselenggarakan oleh KPU Wajo merupakan tanggungjawab bersama.

Berbagai kondisi yang dialami KPU Kabupaten Wajo dalam memutakhirkan data pemilih berkelanjutan tahun 2021. Hal ini disampaikan Ketua KPU Kab.Wajo (Haedar, S.Pd.I) termasuk keterbatasan anggaran pemutakhiran data pemilih, tidak adanya penyelenggara adhoc pada tingkat kecamatan, desa/kelurahan hal ini menjadi kendala untuk memperoleh data penduduk yang diperlukan pada tingkat kecamatan, desa/kel, disamping itu secara teknis disampaikan oleh Kordiv Perencanaan, Data dan Informasi (Andi Tenri Sampeang, S.Si.Apt)  bahwa sejak bulan Februari 2021 akses ceknik dari kemendagri tertutup, pemberian dan permintaan pencocokan data juga tertutup aksesnya pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Wajo.

Antusisme peserta rapat dalam menyikapi kondisi internal KPU Kabupaten Wajo dalam memutakhirkan data pemilih berkelanjutan 2021 tergambar dalam bentuk kesiapan stakeholder terkait dalam membantu KPU Wajo memberikan data Pemilih Baru maupun pemilih TMS begitupun dengan saran-saran yang diberikan termasuk mengadakan MOU dengan pihak pemerintah kecamatan, begitupun dengan pengajuan anggaran pemutakhiran data Pemilih Berkelanjutan 2021 di Pemda. Kesemuanya ini guna perkembangan data pemilih berkelanjutan kedepan agar dapat berjalan lebih maksimal, lain halnya dengan Bawaslu Kab.Wajo mengapresiasi KPU Wajo terkait dengan langkah-langkah koordinasi yang ditempuh KPU Wajo selama ini. Terkhusus dengan akses data kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Wajo masih membutuhkan koordinasi dengan Dirjen Capil RI. 

Kegiatan koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan 2021 dilaksanakan 4 (empat) kali dalam setahun, dimana kali ini pelaksanaanya pada triwulan ketiga guna untuk menghimpun berbagai informasi, masukan data-data Pemilih Baru maupun Pemilih TMS sebagai bahan pengelolaan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. Kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan dengan tujuan untuk memperbaharui data pemilih seperti menambahkan pemilih baru yang belum terdaftar didaftar pemilih, pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat, dan perubahan elemen data pemilih kabupaten/kota secara berkelanjutan. Kegiatan ini dilakukan guna memperbaharui data pemilih guna mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilu/Pemilihan berikutnya. (PPID)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *