Pemda Wajo Teken MoU DP3 bersama KPU Wajo

http://kab-wajo.kpu.go.id Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wajo meneken nota kesepahaman terkait pembentukan Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3), di Ruang Rapat Pimpinan, Kamis (15/7/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Wajo, Kepala Badan Kesbangpol, Ketua dan Anggota KPU Wajo, Anggota Bawaslu Wajo, Kepala Dinas Dukcapil, Kepala Dinas PMD, Kepala Bappelitbangda, Kabag Pemerintahan, Camat Majauleng, Camat Penrang, Kepala Desa Tosora dan Kepala Desa Raddae dan beberapa undangan lainnya.

Menurut Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Wajo, Alamsyah, nota kesepahaman yang diteken itu dimaksudkan sebagai wahana peningkatan pendidikan politik masyarakat di desa.

“kita melahirkan kader-kader masyarakat sebagai penyokong terhadap tingkat partisipasi pemilih dalam pemilu yang akan datang,”

Berdasarkan data jumlah partisipasi pemilih pada Pilkada 2018 lalu tercatat 81.59%. Sementara, pada Pemilu 2019 lalu, partisipasi pemilih di Kabupaten Wajo mencapai 78,59%.

Bupati Wajo, Amran Mahmud berharap program DP3 memberi edukasi kepada masyarakat dan mendorong kesadaran pemilih agar kualitas penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan bisa lebih baik.

“Merujuk pada Pilkades serentak pada 25 Mei 2021 lalu, partisipasi pemilih mencapai 86,6%. Kita berharap angka partisipasi pemilih pada 2024 nanti bisa sama dengan partisipasi pemilih waktu Pilkades serentak kemarin, atau bahkan bisa lebih,” katanya.

Pembentukan DP3 itu merupakan kolaborasi Pemda Kabupaten Wajo dan KPU Kabupaten Wajo untuk menciptakan kader pemilih dan juga meningkatkan partisipasi pemilih.

Lebih lanjut, Amran menyebutkan bahwa Wajo sebagai peletak dasar demokrasi. Sehingga dengan adanya MoU ini serta penujukan dua Desa yakni Desa Tosora dan Desa Raddae sebagai pilot project Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan, bisa menjadi contoh bagi desa lainnya.

Amran mengajak semua pihak bekerjasama agar sukses penyelenggaraan pemilihan umum dan pemilihan ke depannya bisa diraih.

Sementara Ketua KPU Wajo, Haedar menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo terhadap pelaksanaan program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati dan seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo atas dukungannya dalam pelaksanaan program kerjasa pemerintah daerah dan KPU Wajo ini. Semoga dengan kerjasama ini bisa meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat dalam pelaksanaan pemilihan ataupun proses demokrasi” ungkapnya. (Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *