KPU Wajo Gelar Rapat Penyusunan Laporan dan Evaluasi Pelaksanaan Pengelolaan dan Inventarisasi Logistik Pemilihan

http://kab-wajo.kpu.go.id Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wajo menyelenggarakan Rapat penyusunan laporan dan evaluasi pelaksanaan pengelolaan dan inventarisasi logistik pemilihan. Senin, (12/07/2021)

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Rumah Pintar Pemilu (RPP) “Bola Macca dan dihadiri oleh Ketua, Anggota dan jajaran Sekretariat KPU Kabupaten Wajo serta Bagian Kearsipan Pemda Wajo.

Ketua KPU Wajo, Haedar dalam sambutannya menegaskan pentingnya pengelolaan arsip di KPU Kabupaten Wajo

“KPU adalah lembaga yang pertumbuhan arsipnya sangat cepat, sehingga KPU harus siap dalam pengelolaan arsip”

Lebih lanjut ia berharap Bagian Kearsipan Pemda Wajo bisa menambah dan memperkaya pemahaman semua sub bagian terkait tata cara pengelolaan arsip yang baik dan benar, sehingga pada akhirnya KPU Kabupaten Wajo mampu menyajikan data dengan lebih baik.

Kepala Sub Bagian Kearsipan Pemda Wajo, Miftahuddin, menjelaskan bahwa suatu lembaga dalam melakukan pengelolaan arsip dengan baik, setidaknya harus memahami 4 pilar mengelolaan arsip.

“setiap organisasi wajib memiliki tata naskah dinas dalam rangka penciptaan arsip. Kalo tidak ada maka penciptaan arsip berbeda sehingga mudah diduplikat oleh orang lain. Selian itu, setiap lembaga juga harus punya pedoman klasifikasi arsip, sistem keamanan arsip dan jadwal retensi arsip (JRA)”

Menurut Miftah, secara teori pengelolaan kearsipan cukup mudah tetapi pelaksanaanya dilapangan tidak semudah yang dibayangkan. Karenanya dibutuhkan kreatifitas dan konsistensi.

Kegiatan tersebut berlangsung dalam bentuk diskusi dan dilanjutkan dengan meninjau arsip center KPU Kabupaten Wajo. (PPID)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *