Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan, KPU Wajo Laksanakan Rapat Koordinasi

Salam BAKOHUMAS KPU Kab.Wajo – Tanggal 19 April 2021, Rapat Koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) yang dilaksanakan di RPP (Bola Macca) Kantor KPU Kabupaten Wajo adalah proses memperbaharui data pemilih guna memudahkan proses Pemutakhiran Daftar Pemilih pada Pemilu atau Pemilihan selanjutnya.

Dalam Rakor ini dihadir oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Wajo, serta Sekretaris KPU Kabupaten Wajo, Instansi terkait antara lain Kodim 1406 Wajo, Waka Polres Wajo, Departemen Agama Kabupaten Wajo, Perwakilan Pemerintah Daerah, Bawaslu Kabupaten Wajo dan Perwakilan Partai Politik di Kabupaten Wajo. Dalam rakor ini Andi Tenri Sampeang menuturkan bahwa Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) akan mempermudah penyelenggara sehingga ini perlu implementasikan untuk melakukan pemuktahiran data pemilih mendata pemilih baru yang bersyarat dan membersihkan data pemilih yang sudah tidak bersyarat serta memperbaiki elemen data pemilih yang tidak sesuai, untuk itu kami harapkan kepada masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut.

“Jadi adapun tujuan dilaksanakannya pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yaitu untuk memperbaharui data pemilih guna mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada pemilu/pemilihan berikutnya” tutur Andi Tenri Sampeang.

Lanjut Andi Tenri Sampeang menjelaskan bahwa sesuai amanat undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, khususnya pada pasal 14 huruf (l), KPU berkewajiban melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam melaksanakan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini, ucap Andi Tenri Sampeang, KPU Kab. Wajo akan membuka layanan pelaporan dan tanggapan masyarakat, baik secara offline. dan akan melakukan kerjasama dengan pihak terkait seperti pemerintah daerah, kepolisian dan TNI untuk meminta data bagi Polri dan TNI yang sudah pensiun.

Untuk pelaporan tanggapan dan masukan masyarakat melalui mode Offline, Andi Tenri Sampeang menghimbau kepada masyarakat agar dapat langsung mendatangi Kantor KPU Wajo dan mengisi formulir masukan dan tanggapan, dengan melampirkan data bukti pendukung berupa foto copy KTP/Kartu Keluarga/Suket.

Andi Tenri Sampeang menjelaskan bahwa berdasarkan surat edaran (SE) KPU RI Nomor 132/PL.02.-SD/01/KPU/II/2021 perihal pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tahun 2021, maka kami berkewajiban melaksanakan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

Dalam proses pemuktahiran data pemilih berkelanjutan ini akan menjadi modal bagi penyelenggara, karena jika ini terus dilakukan dengan memperbaiki administrasi maka kedepan metode coklit ditiadakan lagi dan langsung menetapkan DPT. (Hubmas KPU Kab. Wajo).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *